Website Pemerintahan Desa Bona

KANTOR DESA BONA

PEMERINTAHAN DESA BONA

Salah satu Desa yang ada di Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar Provinsi Bali

Pemerintahan

Layanan Mandiri Desa Bona

Lokasi

Jalan Raya Desa Bona

0361 948060

Layanan Desa Bona

Posyandu Banjar Bona Kelod
Tentang Posyandu balita

Ulasan Singkat

Sebagaimana kita ketahui, Posyandu merupakan perpanjangan tangan Puskesmas yang memberikan pelayanan dan pemantauan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu. Kegiatan posyandu dilakukan oleh dan untuk masyarakat. Posyandu sebagai wadah peran serta masyarakat, yang menyelenggarakan system pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar, peningkatan kualitas manusia, secara empirik telah dapat memeratakan pelayanan bidang kesehatan. Kegiatan tersebut meliputi pelayanan imunisasi, pendidikan gizi masyarakat serta pelayanan kesehatan ibu dan anak (Departemen Kesehatan, 1999).

struktur

Posyandu Balita

Bona Kelod
1Sang Ayu Made Kartini
2Ni Ketut Suratni
3Ni Luh Susiantini
3Pande Nyoman Dipawati
5Ni Ketut Sukerti
Banjar Dana
1Jero Saren
2Ni Nyoman Suriani
3Ni Putu Sulastri
4Ni Gusti Komiang Raka
5Ni Made Sukarmi

 

Banjar Prajamukti
1I Gusti Made Bhakti
2Sang Ayu Tirtawati
3Jero Sandat
4Ni Gusti Made Sutriani
5Ni Gusti Ayu Ratna Dewi

 

Banjar Pasedana
1Ni Luh Wartini
2Ni Komang Adi Sri Utami
3Ni Komang Ayu Tirta
4Ni Wayan Galung Antini
5Ni Wayan Muliasih
Banjar Kebon
1 Ni Gusti Ketut Nilawati
2 Ni Gusti Ayu Budawati
3 Ni Ketut Suciati
4 Ni Gusti Ayu Karang Kitri
5 Ni Gusti Putu Parti
Banjar Kerthiyasa
1 Ni Nyoman Sukerni
2 Ni Wayan Udawati
3 I Gusti Ayu Suciati
4 Ni Nyoman Leriani
5 Ni Made Sudiasih
Posyandu

Posyandu Balita

Unsur pendukung pemerintahan Desa Bona

Posyandu Balita

Informasi Singkat

Menurut data saat ini terdapat ribuan Posyandu yang hilang, baik dalam arti kegiatan, eksistensi, maupun secara fisik. Sementara jumlah kader yang aktif juga semakin menurun, sehingga dikawatirkan secara signifikan dapat menurunkan jangkauan pelayanan kesehatan kita.

Sebagaimana kita ketahui, Posyandu merupakan perpanjangan tangan Puskesmas yang memberikan pelayanan dan pemantauan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu. Kegiatan posyandu dilakukan oleh dan untuk masyarakat. Posyandu sebagai wadah peran serta masyarakat, yang menyelenggarakan system pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar, peningkatan kualitas manusia, secara empirik telah dapat memeratakan pelayanan bidang kesehatan. Kegiatan tersebut meliputi pelayanan imunisasi, pendidikan gizi masyarakat serta pelayanan kesehatan ibu dan anak (Departemen Kesehatan, 1999).

Menurut Effendy (1998), Posyandu merupakan forum komunikasi, alih teknologi dan pelayanan kesehatan masyarakat, dari oleh dan untuk masyarakat yang mempunyai nilai strategis untuk pengembangan sumber daya manusia sejak dini. Posyandu adalah pusat pelayanan keluarga berencana dan kesehatan yang dikelola dan diselenggarakan untuk dan oleh masyarakat dengan dukungan tehnis dari petugas kesehatan dalam rangka pencapaian norma keluarga kecil bahagia sejahtera

Tujuan pokok dari Posyandu menurut Effendy (1998), antara lain untuk :

  1. Mempercepat penurunan angka kematian ibu dan anak,
  2. Meningkatkan pelayanan kesehatan ibu dan untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak,
  3. Mempercepat penerimaan norma keluarga kecil bahagia sejahtera,
  4. Meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan kegiatan–kegiatan lain yang menunjang peningkatan kemampuan hidup sehat, pendekatan dan pemerataan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dalam usaha meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan kepada penduduk berdasarkan geografi,
  5. Meningkatkan dan pembinaaan peran serta masyarakat dalam rangka alih tehnologi untuk swakelola usaha–usaha kesehatan masyarakat

Terdapat berbagai jenis kegiatan yang dilakukan pada Posyandu antara lain meliputi 5 kegiatan posyandu dan 7  kegiatan posyandu (sapta krida posyandu):

Lima kegiatan posyandu antara lain :

  1. Kesehatan ibu anak,
  2. Keluarga berencana,
  3. Imunisasi,
  4. Peningkatan gizi,
  5. Penanggulangan diare;
  1. Kesehatan ibu anak,
  2. Keluarga berencana,
  3. Imunisasi,
  4. Peningkatan gizi,
  5. Penanggulangan diare,
  6. Sanitasi dasar,
  7. Penyediaan obat esensial;

Sedangkan jenis pelayanan yang diberikan antara lain :

  1. Pemeliharaan kesehatan bayi dan balita,
  2. Penimbangan bulanan,
  3. Pemberian makanan tambahan,
  4. imunisasai bagi bayi 0-11 bulan,
  5. Pemberian oralit untuk penanggulangan diare,
  6. Pengobatan penyakit sebagai pertolongan pertama;

Beberapa kegiatan pada pemeliharaan kesehatan ibu hamil, ibu menyusui dan pasangan usia subur antara lain :

  1. Pemeriksaan kesehatan umum
  2. Pemeriksaan kehamilan dan nifas
  3. Pelayanan peningkatan gizi melalui pemberian vitamin dan pil penambah darah
  4. Imunisasi tetanus toxoid untuk ibu hamil
  5. Penyuluhan kesehatan dan keluarga berencana
  6. Pemberian oralit pada ibu yang terkena diare
  7. Pengobatan penyakit sebagai pertolongan pertama
  8. Pertolongan pertama pada kecelakaan

Prinsip dasar pelayanan Posyandu antara lain ;

  1. Pos pelayanan terpadu merupakan usaha masyarakat dimana terdapat perpaduan antara pelayanan profesional
  2. Adanya kerjasama lintas program yang baik kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana, gizi, imunisasai, penanggulangan diare maupun lintas sektoral seperti: departemen kesehatan, bantuan desa dan badan koordinasi keluarga berencana nasional
  3. Kelembagaan masyarakat pos desa, kelompok timbang/pos timbang, pos imunisasai, pos kesehatan
  4. Mempunyai sasaran penduduk yang sama bayi umur 0-1 tahun, anak balita umur 1-4 tahun, ibu hamil, pasangan usia subur
  5. Pendekatan yang digunakan adalah pengembangan dan pembangunan kesehatan masyarakat desa dan primary health care .

Menurut Muninjaya (1999), sistem kerja Posyandu merupakan rangkaian kegiatan yang meliputi input, proses dan output.

Input adalah ketersedianya sumber daya yang dibutuhkan dalam pelaksanaan kegiatan posyandu, yang meliputi antara lain:

  1. Sarana fisik atau kelengkapan seperti bangunan, meja kursi, perlengkapan penimbangan, perlengkapan pecatatan dan pelaporan, perlengkapan penyuluhan dan perlengkapan pelayanan,
  2. Sumber daya manusia yang ada seperti kader, petugas kesehatan dan aparat desa atau kecamatan yang ikut berperan dalam kelangsungan program,
  3. Ketersedianya dana, sebagai penunjang kegiatan yang berasal dari pemerintah maupun swadaya masyarakat,
  4.  Penyelenggaraan kegiatan posyandu dan bagaimana cara persiapan serta mekanisme pelayanannya.

Proses, dalam sistem pelayanan Posyandu antara lain meliputi:

  1. Pengorganisasian posyandu mencakup adanya struktur organisasi, yaitu adanya perencanaan kegiatan mulai persiapan, monitoring oleh petugas sampai evaluasi proses dan hasil kegiatan. Adanya kejelasan tugas dan alur kerja yang jelas serta dipahami oleh kader posyandu,
  2. Pelaksanaan kegiatan posyandu yang mencakup pendaftaran, penimbangan, pencatatan penyuluhan, pelayanan kesehatan dan keluarga berencana. Program pokok yang minimal harus dilaksanakan meliputi lima pelayanan yaitu kesehatan ibu dan anak, gizi, keluarga berencana, penanggulangan diare dan imunisasi
  3. Pembinaan dan pemantauan petugas yang mencakup adanya rencana kegiatan pembinaan dan pemantauan yang jelas dan tertulis, ada jadwal yang terencana dengan baik, siapa yang menjadi sasaran, cara pembinaan, pemantauan dan pemecahan masalah,
  4. Pelaksanaan kunjungan rumah oleh kader untuk membina kesehatan dan gizi masyarakat terutama pada keluarga sasaran. Proses pelaksanaan kunjungan harus direncanakan siapa sasaran, kapan dilaksanakan, siapa yang melaksanakan dan hasil dicatat dalam kegiatan kader
  5. Pelaksanaan evaluasi program dilaksanakan setiap bulan. Di tingkat posyandu dilaksanakan setelah selesai kegiatan pelayanan yang melibatkan kader, aparat desa, pembinaan kesejahteraan keluarga dan petugas pembina. Sedangkan di tingkat kecamatan dilaksanakan melalui pertemuan lintas sektor di kecamatan lain yang berkaitan dengan kesehatan dan perbaikan gizi serta keluarga berencana
  6. Umpan balik tentang hasil kegiatan posyandu, hasil pembinaan dan evaluasi disampaikan melalui pertemuan rutin yang telah direncanakan. Umpan balik berasal dari aparat desa, tokoh masyarakat dan kelompok kerja personal baik tingkat desa, kecamatan maupun kabupaten
  7. Imbalan (reward) bagi kader, sangat bermanfaat untuk menjaga kelestarian kader dalam melaksanakan tugasnya, dan harus dipikirkan, karena dengan imbalan tersebut diharapkan dapat memelihara dan meningkatkan motivasi kerja kader.

Output – Keluaran kegiatan posyandu berupa cakupan hasil kegiatan penimbangan, pelayanan pemberian makanan tambahan, distribusi paket perbaikan gizi, pelayanan imunisasi, pelayanan keluarga berencana dan penyuluhan. Sedangkan output kegiatan yang diharapkan berupa peningkatan status gizi, dan ibu hamil, penurunan angka kematian ibu, angka kematian bayi, berat badan lahir rendah dan angka kesakitan.

sumber ; http://www.indonesian-publichealth.com/manajemen-posyandu/

 
Posyandu Banjar Kebon
Posyandu DEsa Bona
Desa bona

Jam Kantor

Senin 08.00 – 15.00 Wita
Selasa 08.00 – 15.00 Wita
Rabu 08.00 – 15.00 Wita
Kamis 08.00 – 15.00 Wita
Jumat 08.00 – 13.00 Wita
logo desa bona
KANTOR PEMERINTAHAN DESA BONA
Kantor Pemerintahan Desa Bona 2021