LINGKUNGAN BERSIH & SEHAT (LBS)

  • Nov 02, 2022
  • admin desa bona
  • Pkk

Pengertian LBS

Lingkungan sehat adalah lingkungan yang bersih, dengan udara yang segar, dan sedikit polusi udara. Lingkungan seperti ini tentu diinginkan semua orang tapi sangat sulit diwujudkan. Pasalnya, banyak orang lalai menjaga kesehatan lingkungan

UPAYA

Ada 6 (enam) upaya dasar yang dilakukan untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat :

  1. Penyehatan sumber air bersih (SAB)

Kegiatan upaya penyehatan air meliputi ; surveilans kjualitas air, inspeksi sanitasi SAB, pemeriksaan kualitas air, pembinaan kelompok pemakai air.

  1. Penyehatan lingkungan pemukiman (Pemeriksaan Rumah)

Sarana sanitasi dasar yang dipantau meliputi jamban keluarga (jaga), saluran pembuangan air limbah (SPAL), dan tempat pengelolaan sampah (TPS).

  1. Penyehatan tempat-tempat umum (TTU)

Penyehatan tempat-tempat umum meliputi hotel dan tempat penginapan lain, pasar, dan pemandian umum lain, Pura, salon dan pangkas rambut, dilakukan upaya pembinaan institusi rumah sakit dan sarana kesehatan lain, sarana pendidikan dan perkantoran

  1. Penyehatan tempat pengelola makanan (TPM)

Secara umum penyehatan TPM bertujuan untuk melakukan pembinaan teknis dan pengawasan terhadap tempat penyehatan makanan dan minuman, kesiap-siagaan dan penanggulangan KLB, keracunan, kewaspadaan dini serta penyakit bawaan makanan

  1. Pemantauan Jentik nyamuk dan PSN (pemberantasan Sarang Nyamuk)

Petugas sanitasi puskesmas melakukan pemeriksaan terhadap tempat yang mungkin menjadi perindukan nyamuk.

  1. Konsultasi kesling klinik sanitasi

Pemberian konsultasi gratis kepada masyarakat/pasien yang menderita penyakit yang berhubungan dengan lingkungan seperti; diare, kecacingan, penyakit kulit, TB Paru, dan lainnya.

Manajemen Lingkungan Bersih Dan Sehat di Puskesmas dilaksanakan melalui penerapan fungsi-fungsi menejmen secara sederhana untuk memudahkan petugas promosi kesehatan atau petugas lintas program di Puskesmas dalam pelaksanaan program Lingkungan Bersih Dan Sehat di Puskesmas. Manajemen Lingkungan Bersih Dan Sehat di Puskesmas dilaksanakan melalui empat fungsi tahapan Manajemen sesuai kerangka konsep yaitu Pengkajian,Perencanaan, Penggerakan dan pelaksanaan danPemantauan dan Penilaian.

A. PENGKAJIAN

Pengkajian dilakukan terhadap masalah kesehatan, masalah lingkungan bersih dan sehat dan sumber daya. Luaran pengkajian adalah pemetaan masalah lingkungan bersih dan sehat yang dilanjutkan dengan rumusan masalah.

STUKTUR

KOMANG YUNI ANTARI
KETUA
IDA AYU PUTU ARINI
SEKRETARIS
NANIK
BENDAHARA